Sabtu, 06 Juni 2015

Cara Mengirimkan Peta Situs ke Google Webmaster Tools

Holaa bloggers :D
Setelah membahas tentang Cara Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google, kali ini Saya mau nge-share step by step cara mengirimkan peta situs atau sitemap pada Google Webmaster Tools.

Hal ini berfungsi agar tidak ada satupun isi dari blog atau situs yang udah kita daftarkan ke Google Webmaster Tools terlewatkan oleh Google. Singkatnya, agar artikel kita terindex oleh Google. Hal ini memudahkan artikel yang sudah kita posting muncul di halaman pencarian Google.

Okeee, tanpa berlama-lama lagi, begini caranya :

1. Pertama-tama, masuk dulu ke halaman Google Webmaster Tools. Pastikan kamu juga udah login ke akun Google kamu. Setelah itu, ikuti langkah seperti gambar di bawah ini

2. Pada sidebar, pilih Perayapan - Peta Situs. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah

3. Untuk menambahkan peta situs, buka Homepage blog kamu, kemudian ketikan robots.txt seperti berikut

4. Copy bagian seperti pada gambar

5. Setelah itu, kembali lagi ke halaman peta situs Google Webmaster Tools. Klik pada Tambahkan/Uji Peta Situs, kemudian paste bagian yang tadi di copy. Setelah selesai, klik Mengirim Peta Situs.

Okee, sampai pada langkah ini kamu sudah berhasil mengirim peta situs ke Google. Pada peta situs ini kita dapat melihat, berapa artikel yang sudah terkirim atau yang sudah kita posting dan berapa yang sudah berhasil terindeks oleh Google.

Biasanya, Google tidak langsung meng-indeks setiap artikel yang ada di blog kita. Apalagi jika ada artikel yang baru kita posting. Oleh karena itu, setiap kita membuat artikel baru, kita harus kembali submit URL ke Google Webmaster Tools agar artikel dapat terindeks.

Yaa, sekiranya itulah yang saya ketahui seputar Google Webmaster Tools :D Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang mau memanfaatkan :D

Sekian dan terimakasih ~

[Mahasiswa Teknik Informatika UNTAN Menjunjung Tinggi Kejujuran]

1 komentar: