Sabtu, 23 Mei 2015

Suka Duka Mahasiswa Teknik Informatika

Okeeee~ setelah posting tentang apa itu Teknik Informatika, kali ini aku mau curhat tentang pahit-manis-asem-asin-nya jadi anak Teknik Informatika.

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi di bidang informasi, maka tidak heran kalo program studi Teknik Informatika menjadi salah satu program studi yang paling banyak diincar.

Bangga ?

Jelaaaass~ Buat bisa lolos Teknik Informatika itu tidak mudah, karena peminatnya yang banyak. Pada SNMPTN 2014, Teknik Informatika menjadi program studi yang paling banyak diminati di Universitas  Tanjungpura (UNTAN) Pontianak (dari mana aku tau ? Ya soalnya aku lolos lewat jalur itu hehe :D) Namun tidak hanya itu. Pada SNMPTN 2015, Prof. Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 juga menyebutkan Teknik Informatika sebagai salah satu jurusan favorit untuk bidang ilmu saintek (Sumber : news.okezone.com).

Setelah masuk masa perkuliahan, apa masih bangga ?

Nah, itu masalahnya. Kebanggaan itu belum tentu berlangsung lama. Terutama bagi mereka yang mulai merasa Teknik Informatika bukan passion-nya. Bukan makin naikin semangat kuliah, yang ada bikin merasa tersesat. Nggak heran kalo ada beberapa orang yang awalnya lolos Teknik Informatika tiba-tiba menghilang tanpa jejak -____-

Mata kuliahnya mudah ?

Awalnya sih emang masih mudah. Tapi setelah menjalani masa-masa sebagai mahasiswi Teknik Informatika selama hampir 2 tahun, mulai terasa susahnya -____- Bukannya mau nakut-nakutin, tapi ya emang gitu kenyataannya. Suatu program atau aplikasi yang menurut kita biasa-biasa aja, belum tentu coding-nya juga sebiasa-biasa aja tampilannya. Contoh sederhana, biasanya kalo mau bikin baris baru kita tinggal tekan “Enter”. Nah kalo udah masuk ke bahasa pemrograman, “Enter” yang tinggal tekan aja itu ada syntax sendiri. Udah gitu, seringnya sih lain bahasa pemrograman, ya lain lagi syntax-nya. Baru pemrograman, belum masalah jaringan -___-

Mudah ?

Kata “mudah” di dunia perkuliahan itu hanyalah mitos dik adik :’) Tidak hanya Teknik Informatika, mau program studi apa pun itu, pasti ada enak dan nggak enaknya. Maka dari itu, sebelum memilih, teliti dulu. Apa program studi yang kita pilih udah sesuai dengan keahlian kita ? Kuliah itu nggak segampang dan seenjoy sekolah. Ibaratkan orang yang salah ambil langkah, nggak nutup kemungkinan dia bakal jatuh.

Nah, sebelumnya ada satu quote ~


Intinya, semua orang bisa melakukan apa saja yang berhubungan dengan komputer, tapi pernah nggak terpikir oleh kita gimana suatu komputer bisa melakukan apa aja yang kita inginkan ? Disitulah hebatnya seorang programmer. Mereka bisa merancang program yang bisa kita mengerti sebagai media kita untuk berkomputer ria. Ya, kurang lebihnya kayak gitulah hehe :D

Nah, bagi kalian yang memang ingin tau lebih dalam tentang Teknik Informatika, silakan baca disini.

Well, sekiranya begitulah Teknik Informatika yang selama ini aku jalani.
Bagaimana versimu ? :D

[Mahasiswa Teknik Informatika UNTAN Menjunjung Tinggi Kejujuran]

3 komentar:

  1. doain mas smoga ane lancarrr kuliah ny :D

    BalasHapus
  2. Wah referensi awal nih ehehe.. BTW teknik informatika masih nemu matematika gak kak?

    BalasHapus
  3. Informatika, Matematika, ...matika. Ya ilmu" yg belakangnya ada kata" Matika pastilah tidak lepas dengan logika angka gan, kalau matematika logika"nya kyak aljabar, phytagoras, logmatik, dll.., kalo informatika logika"nya kyak algoritma, struktur data, komputasi, jaringan, dll.

    BalasHapus