Sabtu, 23 Mei 2015

Apa itu Teknik Informatika ?

Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat siang bloggers :)
Kali ini, aku mau nge-share­ seputar gambaran tentang Teknik Informatika. Oke, langsung sajaaa~

“Teknik Informatika” – Program studi ini sering kali disalah artikan. Banyak orang yang menganggap Teknik Informatika sama dengan program studi lain seperti Teknik Komputer atau Sistem Komputer. But, that’s absolutely wrong !! Lalu, apa Teknik Informatika itu ?

Secara berbelit-belit, Teknik Informatika merupakan suatu disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan perangkat lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Secara sederhana, Teknik Informatika adalah suatu program studi yang mempelajari atau menganalisis suatu masalah dan kemudian menemukan solusi dengan memanfaatkan teknologi komputer. Salah satunya adalah dengan memprogram suatu aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Selain itu, pada program studi Teknik Informatika juga akan mempelajari jaringan dan sistem komputer sebagai dasar-dasar ilmu.

Kemudian, apakah Teknik Informatika berbeda dengan program studi lain seperti Sistem Komputer ? Lantas apa perbedaan Teknik Informatika dengan Sistem Komputer ?

Nah, ini nih yang biasa bikin orang terkecoh. Terutama bagi kalian yang baru akan memasuki jenjang perkuliahan. Kalo menurut aku sih, perbedaan yang sangat mendasar antara Teknik Informatika dengan Teknik Komputer  yaitu kalau Teknik Informatika lebih konsentrasi pada isi dalam sebuah komputer, seperti aplikasi atau perangkat lunak, sedangkan Teknik Komputer lebih konsentrasi pada perancangan perangkat keras atau hardware.

Nah, sekiranya begitulah gambaran mengenai tentang Teknik Informatika. Semoga tulisan ini dapat membantu, terutama bagi kalian yang baru akan memasuki perguruan tinggi. Jangan sampai salah memilih program studi yaa :D hehe

Bagi kalian yang ingin mengetahui profesi di bidang Teknik Informatika, silakan baca disini.

Please leave a comment, I’ll really appreciate that :)
Akhir kata, sekian dan terimakasih. Wassalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh :)

[Mahasiswa Teknik Informatika UNTAN Menjunjung Tinggi Kejujuran]

4 komentar:

  1. Sudah bagus postingannya mbak. Cuma picturenya kagak ada.
    Kunjungi juga blog kami mbak.
    koransemarangan.blogspot.com
    Thank u

    BalasHapus
  2. jadi makin yakin buat ambil teknik informatika :D
    sampai jumpa di UNTAN ya kak :3

    BalasHapus
  3. yah tergantung passion juga.
    kalo ane mah pengen banget buat senbuah game sekelas dunia.
    dulu gue gk ngerti dan gk trtrik sama yg namanya mtk dan coding,
    tpi stlah gue ada rasa pengen banget mmbuat game dan brcta-cta utk bsa jdi pembuat game. ntah knpa gue memandang coding dan matematika mnjdi suatu hal yg mnrik dan pngn bngt gue kuasai utk jdi developer krna gue btuh banget ilmunya. yah intinya kalo kalian mw msuk informatika tpi gk ada tujuan yg bsa memotivasi. nnti otak kalian overheat klo cuma ngikuti arus. klian cri aja jrusan yg udh jls klian inginkan. tpi klo blum punya planing ato tjuan apa-apa gmna?
    klo gtu mah klian cri wawasan dlu sbnyk bnyknya ttg smua ilmu didunia smpe dpt passion klian itu dbdng apa.

    BalasHapus